4 - 5 September 2019
Balai Kartini Jakarta
7 September 2019
Visit BPPT Serpong
BPPT Akan Hadirkan SPLU di Bandung
BPPT Akan Hadirkan SPLU di Bandung

BPPT rencananya akan menambah Stasiun Pengisian Listrik Umum (SPLU) di Bandung, Jawa Barat, menyusul SPLU yang saat ini sudah tersedia di BPPT Jakarta dan Serpong, Tangerang. Untuk SPLU di BPPT Jakarta menggunakan listrik yang berasal dari PLN sedangkan di Serpong menggunakan tenaga surya.

Eniya Listiani Dewi, Deputi Kepala Bidang TIEM BPPT, mengatakan BPPT akan menambah SPLU di Bandung, Jawa Barat untuk quick charging mobil. “Rencananya selesai pada Desember 2019 sesuai dengan anggaran yang tersedia dengan kandungan TKDN yang lebih tinggi,” ujar Eniya, di sela acara peluncuran Indonesia Electric Motor Show (IEMS) 2019, di Jakarta, Rabu (17/7/2019).

Untuk selanjutnya, tambah Eniya, BPPT juga akan menambah satu SPLU untuk motor untuk mendukung motor listrik anak bangsa (Gesits) di BPPT Thamrin, Jakarta. “Ke depan akan ada billing system yang online dengan aplikasi smartphone secara otomatis yang dapat di pantau dari Jakarta. Semua energi terbarukan (EBT) di Indonesia untuk mendukung SPLU akan terkontrol dari BPPT Thamrin, Jakarta, yang terhubung dengan SPLU yang sudah ada,” ujar dia.

SPLU yang akan disediakan di Bandungm BPPT menggandeng BUMN dalam menghadirkan charging statsion yang mampu dirakit oleh industri lokal. “Tugas BPPT mentransfer teknologi, seperti di Bandung karena memiliki semangat menjadi kota pintar dan mudah di edukasi. Sehingga, jika kita ke Bandung tidak akan khawatir tentang charging stasiun kendaraan listrik,” tandas Eniya. (TS/Transportasi.co)


Tags News